Pasar Dadakan Bikin Macet Kalibata


Kemacetan parah Jakarta yang sering terjadi di senin pagi, kini terjadi pada hari minggu (29/9) Kalibata, Jakarta Selatan. Adanya pasar dadakan menyebabkan macet hingga pertigaan pahlawan yang menghubungkan Pasar Minggu, Kalibata, dan Pancoran. Pasar ‘Stekpi’ yang sebelumnya tidak macet bertambah macet seiring bertambahnya pedagang yang berjualan di bahu jalan Kalibata Selatan.
Pasar Stekpi adalah pasar dadakan saban minggu pagi yang menyediakan berbagai keperluan. Kemacetan yang sebelumnya jarang terjadi, semakin parah dikarenakan pengunjung pasar yang kian membludak mendatangkan penjual yang ingin berlomba berdagang di pasar tersebut. Pasar yang sebenarnya sudah ditentukan setiap pedagang berjualan dimana, semakin lama memerlukan lahan lagi. “Lapaknya itu tidak lebih dari 2x3 meter, terus kita tentuin yang di depan di tengah sampai paling belakang,” ujar Zainal, penjaga keamanan pasar stekpi. Banyaknya pedagang yang datang dan tidak kebagian tempat itulah yang berjualan di bahu jalan sehingga menyebabkan macet. Zainal pun berujar, pedagang di bahu jalan itupun kadang dalam pengawasan pasar Stekpi tapi kadang juga tidak karena datangnya yang tidak menentu.
 Selain pedagang-pedagang di bahu jalan Kalibata Selatan yang menambah kemacetan, adanya parkir liar pun semakin menjadi karena memakai sebagian jalan untuk parkir motor pengunjung pasar Stekpi. Saat ditanya, Zainal berujar parkir liar sudah termasuk dalam pengawasan anggota FBR (Forum Betawi Rempuk) yang berada di situ. Rupanya semua hal mengenai pasar stekpi telah ditangani oleh forum-forum daerah kalibata dan pengadegan.

Kemacetan harian daerah kalibata yang umumnya terjadi di lampu merah pahlawan ini berbeda dengan kemacetan minggu pagi yang berlawanan arah. Salah satu pengunjung merasa tidak keberatan dengan kemacetan mingguan ini. Menurutnya, kemacetan tidak sebanding dengan hiburan para pengunjung yang hanya seminggu sekali. Sementara ini, Zainal belum mendapati keluhan pengguna jalan karena adanya pasar yang membuat macet di minggu pagi.

Komentar

Postingan Populer